0


LAPORAN PROGRAM KERJA
SAMPAH


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan program kerja ini tepat pada waktunya.

Dalam laporan ini kami membahas tentang “SAMPAH” dengan pertimbangan materi tersebut merupakan bahan untuk lomba lingkungan sekolah sehat sehingga dapat membantu untuk lebih memahami dan mempelajari materi tentang sampah.

Dalam pembuatan laporan ini, kami menyadari adanya berbagai kekurangan, baik dalam isi materi maupun penyusunan kalimat. Namun demikian, kami mengharapkan adanya kritik dan saran untuk penyempurnaan makalah ini.


                                                                                    Tim Penyusun


                                                                                    _______________


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Pengertian
Sampah adalah material sisa yang dibuang sebagai hasil dari proses produksi, baik itu industri maupun rumah tangga. Pengertian lain dari sampah adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh manusia setelah proses/ penggunaannya berakhir.
Material sampah dapat berasal dari manusia, hewan , ataupun dari tumbuhan yang sudah tidak dipakai. Wujud dari sampah bisa dalam bentuk padat, cair, ataupun gas.
        Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat terhindah dari sampah, karena sampah adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan, bila ada kehidupan pasti ada sampah. Keberadaan sampah dipandang sebelah mata oleh banyak masyarakat, karena sering disinyalir sebagai biang keladi terjadinya banjir, tempat bersarangnya nyamuk, lalat, bau busuk yang tidak bersahabat dan segudang prdikat yang berkonotasi negatif.
        Sebenarnya semuanya itu tidak dari sampah itu sendiri, tetapi  perilaku masyarakat yang tidak dapat memperlakukan sampah dengan bijak, bila kita bisa memperlakukan sampah itu dengan bijak maka konotasi negatif tentang sampah tidak akan terjadi. Di dalam kehidupan sehari-hari sering kita memperlakukan sampah tidak bijak, yang dimaksud tidak bijak, sampah dicampur jadi satu antara sampah organik, anorgani dijadikan satu tidak dipilah. Seandainya kita bisa memilah sampah organik dijadikan satu dengan sampah organik, dan sampah anorganik dijadikan satu dengan samah anorganik pasti kemudahan akan didapat. Karena sampah organik dapat dijadikan kompos, biogas dan keseuanya itu pasti sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Demikian juga sampah anorganik misalnya kertas dikumpulkan dengan kertas, logam dikumpulkan dengan logam, platik dikumpulkan dengan plastik maka untuk mendaur ulang pasti dengan meudah.
        Dengan pemilahan dan pengolahan sampah dengan tepat maka sampah pasti akan tidak akan dipandang sebelah mata dan pastinya memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Kondisi seperti inilah yang akan diupayakan oleh lembaga pendidikan terutama sekolah, karena di sekolah ada kehidupan dan pasti di dalam kehidupan ada sampah. Sekolah yang terhidar dari konotasi sampah yang negatif, sampah yang di sekolah yang menjadi sahabat, menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat walaupun pastinya tidak akan dapat memilah, mengolah seprofesional seperti tempat pengolahan sampah tetapi setidaknya siswa peduli bagaimana cara memperlakukan sampah dengan benar. Permasalahan yang muncul di lingkungan sekolah sulitnya menekan keberadaan sampah organik dan sampah anorganik, keberadaan sampah plastik dan sampah dari dedaunan yang ada di lingkungan sekolah yang membuat kondisi sekolah yang sulit untuk terhidar dari kehadiran sampah.
“motto perlakukanlah sampah dengan bijak, yakinkan sampah akan membalasnya dengan manfaat yang lebih besar “
Sampah di SDN 4 Gemaharjo terbagi menjadi 5 jenis yaitu sampah organik, sampah kaca, sampah kertas, sampah B3 (beracun, berbau, dan berbahaya), sampah plastik.

1.2  Tujuan
      Dari program kerja pemilahan dan pengolahan sampah betujuan :
1.         Memberi edukasi kepada warga sekolah tentang bagaimana memperlakukan sampah dengan bijak.
2.         Mengurangi sampah dilingkungan sekolah.
3.         Mengelola sampah dengan 3R ( reduce, reuse dan recycle )
4.         Mengolah sampah organik menjadi kompos.


1.3 Manfaat Kegiatan
              Dari program kerja pemilahan dan pengolahan sampah bermanfaat :
1.         Warga sekolah memiliki kepedulian terhadap keberadaan sampah baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.
2.         Berkurangnya sampah baik sampah organik dan sampah anorganik.
3.         Warga sekolah dapat memilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang, menghindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar, menggunakan produk yang dapat diisi ulang (refill), menggunakan email (surat elektronik) untuk berkirim surat
4.         Memberikan baju yang kekecilan pada adik atau saudara anda, menggunakan sapu tangan dari pada menggunakan tissu, menggunakan tas belanja dari kain dari pada menggunakan kantong plastik, menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis
5.    Melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos, melakukan pengolahan sampah non organik menjadi barang yang bermanfaat dan bahkan memiliki nilai jual.
1.4  Bentuk Kegiatan
       1.  Pengajuan bantuan komposter sampah untuk membuat sampah organik menjadi kompos ke Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pacitan.
       2.  Pembuatan biopori di halaman sekolah
       3.  Gerakan titip oksigen siswa baru dengan membantu tanaman untuk di tanam di lingkungan sekolah.
       4.  Pengadaan dan perawatan tempat sampah untuk sampah organik dan anorganik.
       5.  Pembuatan keranjang pilah untuk sampah anorganik
       6.  Kegiatan rutin pemungutan sampah di lingkungan sekolah pada jam pelajaran Olahraga,  1 jam per minggu.
       7.  Mengontrol tong pembuatan kompos setiap 6 hari sekali
       8.  Melakukan pemupukan kepada tanaman sekitar lingkungan sekolah dengan pupuk diantaranya pupuk hasil kompos sekolah.
       9.  Himbauan kepada siswa untuk membawa tempat minum, tempat makan dari rumah yang bias diisi ulang.
E.   Peserta Kegiatan
       1.  Semua warga sekolah dengan koordinator kelompok kerja pemilahan dan pengolahan sampah.
       2.  Siswa-siswi dengan koordinator guru pembina pokja sampah pada jam pelajaran Olahraga.



BAB II
RENCANA PROGRAM KERJA
Kelopok kerja sampah memiliki rencana program kerja antara lain :
1.      Pemilahan sampah,
2.      Pengolahan  sampah organik yang bisa dimanfaatkan untuk bahan dasar kompos dan pengolahan sampah anorganik yang bisa diolah dengan cara 3R.


BAB III
JADWAL PIKET

            JADWAL PIKET PEMILAHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH
NO
KELAS
HARI
KETERANGAN
WAKTU
1.
4
SENIN, SELASA
Bergantian sesuai dengan nomor presensi, dan didampingi kader serta guru pembina
Jam pulang sekolah
2.
5
RABU, KAMIS
Bergantian sesuai dengan nomor presensi, dan didampingi kader serta guru pembina
Jam pulang sekolah
3.
6
JUMAT, SABTU
Bergantian sesuai dengan nomor presensi, dan didampingi kader serta guru pembina
Jam pulang sekolah



BAB IV
PENUTUP
Demikianlah gambaran rencana program kerja ini kami susun, dengan harapan akan menjadi sebuah kegiatan yang dapat terealisasikan. Semoga rencana kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan tentu saja hasil  akhirnya akan mencapai tujuan yang telah ditentukan serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat ?? Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

 
Top