0




LAPORAN PROGRAM KERJA
RUMAH SEHAT

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1         Pengertian
Rumah adalah struktur fisik atau bangunan sebagai tempat berlindung, di mana lingkungan dari struktur tersebut berguna untuk kesehatan jasmani dan rohani serta keadaan sosialnya baik untuk kesehatan keluarga dan individu (WHO dalam Keman, 2005).
Rumah sehat merupakan bangunan tempat tinggal yang memenuhi syarat kesehatan yaitu rumah memiliki jamban yang sehat, sarana air bersih, tempat pembuangan sampah, sarana pembuangan air limbah, ventilasi yang baik, kepadatan hunian rumah yang sesuai dan lantai rumah yang tidak terbuat dari tanah (Depkes RI, 2003).
Dapat dikatakan bahwa rumah sehat adalah bangunan tempat berlindung dan beristirahat yang menumbuhkan kehidupan sehat secara fisik, mental, dan sosial, sehingga seluruh angota keluarga dapat memperoleh derajat kesehatan yang optimal.

1.2         Syarat-syarat rumah sehat
Rumah yang sehat dan layak huni tidak harus berwujud mewah dan besar, namun rumah yang sederhana dapat juga menjadi rumah yang sehat dan layak untuk dihuni. Hal tersebut dapat terjadi karena sudah terpenuhinya syarat rumah sehat. Syarat rumah sehat menurut Winslow dan APHA (American Public Health Association) yaitu:
1.         Memenuhi kebutuhan fisiologi, antara lain:
a.     Pencahayaan yang cukup
b.    Adanya ventilasi
c.     Ruang gerak yang cukup
d.    Terhindar dari kebisingan/suara yang mengganggu
2.         Memenuhi kebutuhan psikologis, antara lain:
a.     Cukup aman dan nyaman bagi masing-masing penghuni rumah
b.    Privasi yang cukup
c.     Komunikasi yang sehat antaranggota keluarga

3.         Memenuhi persyaratan pencegahan penularan penyakit antar penghuni rumah, dengan cara:
a.     Penyediaan air bersih
b.    Pengelolaan tinja dan air limbah rumah tangga
c.     Bebas vektor penyakit dan tikus
d.    Cukup sinar matahari
e.     Terlindungnya makanan dan minuman dari pencemaran
f.      Tidak terjadi kepadatan hunian yang berlebihan

4.         Memenuhi persyaratanpencegahan terjadinya kecelakaan, seperti:
a.     Bangunan rumah yang kokoh
b.    Terhindar dari bahaya kebakaran
c.     Tidak menyebabkan keracunan gas
d.    Terlindung dari kecelakaan lalu lintas

1.3         Parameter dan indikator rumah sehat
Parameter yang dipergunakan untuk menentukan rumah sehat adalah sebagaimana yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 829/Menkes/SK/VII/1999 tentang persyaratan kesehatan perumahan, yang meliputi 3 lingkup kelompok komponen, yaitu:


Pembagian ruangan/tata ruang rumah harus diatur. Seperti :

Sarana air bersih rumah sehat yang digunakan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Syarat utama dapat dikatakannya air bersih, antara lain:


seperti membuka jendela ruangan di rumah, membersihkan rumah dan halaman  membuang tinja ke jamban, membuang sampah pada tempatnya.

1.4    Maksud dan Tujuan
Berkaitan dengan hal di atas kami dari Pokja Rumah Sehat bermaksud untuk mengadakan sebuah sosialisasi tentang untuk mewujudkan kebiasaan memanfaatkan tanaman toga dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan progam Sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Toga, kami bertujuan untuk mengalihkan pandangan kita dalam penggunaan obat-obatan kimia sedikit demi sedikit mulai beralih kepada pemanfaatan tanaman toga. Tanaman toga dapat juga menyembuhkan berbagai penyakit ringan yang sering diderita oleh masyarakat di sekitar kita, diantaranya: batuk, pilek, diare, dan penyakit lainnya.


BAB II
RENCANA PROGRAM KERJA

Rencana Program Kerja Pokja Rumah Sehat adalah
1.      Menyosialisasikan konsep rumah sehat
2.      Memperkenalkan manfaat tanaman toga
3.      Mengajak masyarakat rumah sehat untuk lebih memanfaatkan tanaman toga
4.      Membudidayakan tanaman toga
5.      Memperbanyak tanaman di sekitar rumah
6.      Memperindang lingkungan rumah



BAB III
PENUTUP


Demikianlah gambaran rencana program kerja ini kami susun dengan harapan akan menjadi sebuah kegiatan yang dapat terealisasikan. Semoga rencana kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan tentu saja hasil  akhirnya akan mencapai tujuan yang telah ditentukan serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
















Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat ?? Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

 
Top