0


LAPORAN PROGRAM KERJA
PRAMUKA, OLAH RAGA dan KESENIAN



Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan program kerja ini tepat pada waktunya.

Dalam laporan ini kami membahas tentang “PRAMUKA, OLAHRAGA, dan KESENIAN” dengan pertimbangan materi tersebut merupakan bahan untuk lomba lingkungan sekolah sehat tahun 2018, sehingga dapat membantu untuk lebih memahami dan mempelajari materi tentang Pramuka, Olahraga, dan Kesenian SDN 4 Gemaharjo Pacitan.

Dalam pembuatan laporan ini, kami menyadari adanya berbagai kekurangan, baik dalam isi materi maupun penyusunan kalimat. Namun demikian, kami mengharapkan adanya kritik dan saran untuk penyempurnaan makalah ini.


                                                                                    Tim Penyusun


                                                                                    _______________



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Pengertian
Lagu adalah seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal yang biasanya di iringi dengan alat musik untuk menghasilkan musik yang mengandung irama atau suara berirama. Sedangkan Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
Seperti di sebutkan di atas seni mempunyai hubungan erat dengan kesehatan. Disaat kita sehat, kita mampu membuat suatu karya seni, yang di mana nantinya karya seni dan pengolahannya tersebut dapat membuat kita merasa bahagia, dan kegahagiaan itu adalah kunci dari kesehatan
Kesenian di SDN 4 Gemaharjo  masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler diantaranya ada seni tari dan hadroh. Properti kesenian sekolah ada alat musik hadroh dan juga properti tari seperti cemeti yang dibuat oleh siswa-siswi SDN 4 Gemaharjo. Kesenian  SDN 4 GEMAHARJO ditampilkan saat ada acara-acara penting di sekolah atau untuk mengikuti event tertentu, seperti kegiatan HUT RI. Pembina seni tari SDN 4 Gemaharjo adalah Ibu Herlin Agustina, S.Pd.SD yang dilaksanakan setiap hari Selasa, sedangkan pembina kesenian hadrah adalah Bapak Adi Prayitno, S.Pd.I yang dilaksanakan setiap hari Sabtu.
      Sedangkan kegiatan pramuka di SDN 4 Gemaharjo dilaksanakan setiap hari Sabtu yang dibina oleh Bapak Hadi Winoto dari SMAN 1 Tegalombo, yang diikuti oleh siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6. Kepramukaan SDN 4 Gemaharjo selain mengajarkan kemandirian siswa-siswi juga pernah mengikuti kegiatan kejuaraan diluar sekolah, seperti jambore ranting dan Scout Challenge. Peralatan pramuka di SDN 4 Gemaharjo seperti tongkat, tali rami, tenda.
Sedangkan kegiatan olahraga di SDN 4 Gemaharjo dilaksanakan setiap hari secara bergantian dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dengan bimbingan langsung guru olahraga yaitu Bapak Agus Darmanto, S.Pd. Lapangan olahraga SDN 4 Gemaharjo di belakang kantor guru. Selain sebagai mata pelajaran kegiatan olahraga SDN 4 Gemaharjo sering mendapatkan kejuaraan dalam bidang olahraga. Untuk tetap menjaga badan tetap sehat dan bugar, SDN 4 Gemaharjo  juga mewajibkan senam rutin yang wajib diikuti seluruh siswa. Setiap hari Jum’at pagi dilaksanakan senam UKS dan senam  SKJ setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.


BAB II
RENCANA PROGRAM KERJA
1. RENCANA PROGRAM KERJA KESENIAN
            - Pengamatan pada setiap ekstra kesenian seminggu sekali
            - Pendampingan saat akan mengikuti event yang akan dilaksanakan
2. RENCANA DAN PROGRAM KERJA KEPRAMUKAAN
            - Pengamatan pada setiap ekstra kepramukaan seminggu sekali
            - Pendampingan saat akan mengikuti kegiatan kepramukaan, seperti kemah
3. RENCANA DAN PROGRAM KERJA OLAHRAGA
- menjaga kebersihan ruang peralatan olahraga dan
- bertanggung jawab atas pelaksanaan senam rutin


BAB III
JADWAL PIKET

JADWAL PIKET POKJA KESENIAN
SDN 4 GEMAHARJO TAHUN 2018/2019
NO
Pelaksana
HARI
PENDAMPING
1.
Peserta ekskul
Senin Selasa
GURU PEMBINA
2.
Peserta ekskul
Rabu Kamis
3.
Peserta eksskul
Jumat Sabtu

JADWAL PIKET POKJA PRAMUKA
NO
Pelaksana
HARI
PENDAMPING
1.
Kelas 4
Sabtu
GURU PEMBINA
2.
Kelas 5
Sabtu
3.
Kelas 6
Sabtu







JADWAL PIKET POKJA OLAHRAGA

Kelas
Hari
Pendamping
Kelas 4
Senin-Selasa
Didampingi POKJA Olahraga dan Guru Olahraga
Kelas 5
Rabu-Kamis
Kelas 6
Jum’at-Sabtu


BAB IV
PENUTUP
Demikianlah gambaran rencana program kerja ini kami susun, dengan harapan akan menjadi sebuah kegiatan yang dapat terealisasikan. Semoga rencana kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan tentu saja hasil  akhirnya akan mencapai tujuan yang telah ditentukan serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua.













Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat ?? Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

 
Top