0


LAPORAN PROGRAM KERJA
PERTANIAN


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan program kerja ini tepat pada waktunya.

Dalam laporan ini kami membahas tentang “PERTANIAN” dengan pertimbangan materi tersebut merupakan bahan untuk lomba lingkungan sekolah sehat sehingga dapat membantu untuk lebih memahami dan mempelajari materi tentang PERTANIAN di SDN 4 Gemaharjo.

Dalam pembuatan laporan ini, kami menyadari adanya berbagai kekurangan, baik dalam isi materi maupun penyusunan kalimat. Namun demikian, kami mengharapkan adanya kritik dan saran untuk penyempurnaan makalah ini.


                                                                                    Tim Penyusun


                                                                                    _______________



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Pengertian
Pertanian secara umum diartikan sebagai kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidup.
Pertanian di SDN 4 Gemaharjo memiliki lahan yang lumayan  luas, utamanya yang berada di belakang ruang UKS untuk lahan pertanian sayuran dan buah. Untuk lahan tanaman menahun disediakan di sekitar lapangan olahraga, diantaranya tanaman kelapa, mangga dan pisang.
Hasil panen pertanian SDN 4 Gemaharjo selain dijual ke warga sekolah juga dijual ke pedagang dengan cara mengundang pedagang untuk datang ke sekolah. Untuk  hasil panen digunakan untuk biaya perawatan tanaman dan jika masih sisa digunakan untuk kas pokja.
1.2 Maksud dan Tujuan
            Tujuan diadakannya pokja pertanian di SDN 4 Gemaharjo adalah  :
            1. melatih siswa bercocok tanam
            2. untuk penghijauan
            3. menambah pendapatan sekolah
            4. membiasakan siswa bertanggung jawab


BAB II
PROGRAM KERJA
Untuk merawat dan menjaga lahan pertanian SDN 4 Gemaharjo, dari POKJA Pertanian memiliki beberapa program kerja, yaitu :
1. perawatan dan pengecekan tanaman pertanian,
2. pemupukan tanaman yang dilakukan setiap satu minggu sekali pada hari jumat 
    bertepatan dengan kegiatan jumat bersih menggunakan pupuk kompos dari hasil   
    olahan sampah organik.


BAB III
JADWAL PIKET

JADWAL PIKET POKJA PERTANIAN SDN 4 GEMAHARJO
TAHUN 2018/2019
No
Kelas
Hari
Pendamping
1.
Kelas 4
Senin, Selasa
Kader dan pokja pertanian
2.
Kelas 5
Rabu, Kamis
Kader dan pokja pertanian
3.
Kelas 6
Jum’at, Sabtu
Kader dan pokja pertanian

BAB IV
PENUTUP
Demikianlah gambaran rencana program kerja ini kami susun, dengan harapan akan menjadi sebuah kegiatan yang dapat terealisasikan. Semoga rencana kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan tentu saja hasil  akhirnya akan mencapai tujuan yang telah ditentukan serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua.





Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat ?? Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

 
Top