0
Kita sudah mengetahui bahwa telinga adalah salah satu anugerah yang sangat penting pada tubuh kita. Dengan memiliki telinga yang berfungsi dengan normal dan maksimal, maka kita juga dapat menjalani aktivitas dengan normal.
Pendengaran telinga yang normal dan maksimal pastinya dalam perawatannya juga menggunakan cara yang benar dan tepat. Nah, berikut adalah beberapa tips dalam merawat telinga dengan cara yang benar dan tepat, yaitu:
  • Jangan menggunakan cotton bud
cara merawat telinga
Membersihkan atau mengorek kotoran dengan menggunakan cotton bud ini tidak benar. Karena jika Anda menggunakannya, Anda malah akan mendorong kotoran ke dalam dan bukannya keluar. Bahkan jika tidak berhati-hati, korek kuping tersebut juga bisa melukai organ dalam telinga.
Sangat disarankan untuk menggunakan alat pembersih khusus telinga, dan bukan cotton bud. Alat tersebut biasanya banyak dijual di apotek. Namun ingat, jangan terlalu sering menggunakan alat tersebut jika telinga Anda masih normal.
Pasalnya, seperti disinggung di atas, telinga pada dasarnya memiliki mekanisme secara otomatis untuk mengeluarkan kotorannya sendiri. Selain itu, cairan kuning tersebut juga sangat berguna untuk mencegah debu atau binatang kecil yang masuk.
  • Mengunyah makanan dengan baik
Kotoran di telinga juga bisa dikeluarkan secara otomatis dengan mengunyah makanan. Melakukan gerakan mengunyah makanan dengan cara yang tepat akan mendorong telinga untuk mengeluarkan kotoran. Untuk membuktikannya, Anda bisa mencoba dengan cara mengunyah permen.
  • Terapi lilin
terapi lilin ear candle
Melakukan terapi lilin ini juga akan sangat membantu Anda dalam mengeluarkan kotoran yang ada di dalam telinga. Cara melakukannya, Anda cukup membeli lilin untuk terapi telinga, kemudian bakar dan gunakan sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Jangan menggaruk telinga
Saat telinga terasa gatal, hindarilah untuk menggaruknya karena ini malah akan menjadi infeksi. Sangat disarankan untuk segera ke dokter dan periksakanlah keadaan telinga Anda.
  • Hubungi dokter jika terjadi infeksi
Saat telinga mengalami infeksi, segeralah untuk menghubungi dokter. Ada 2 jenis infeksi pada telinga yaitu infeksi pada telinga luar dan tengah. Umumnya, infeksi pada telinga luar ini terjadi karena ada air yang kotor di luar telinga. Telinga akan merasa sakit, bengkak atau bahkan bernanah. Pengobatan jenis ini biasanya adalah antibiotik, dan tentunya sesuai resep dari dokter.
Sedangkan infeksi yang terjadi pada telinga tengah ini akan berakibat buruk di bagian gendang telinga Anda. Gendang telinga akan bisa pecah dan biasanya obat tetes dari resep dokter seperti antibiotik yang akan bisa menyembuhkannya.
Selain akibat infeksi, biasanya telinga juga akan terasa sakit karena masalah lainnya. Masalah-masalah ini bisa terjadi karena Anda menderita nyeri pada tenggorokan atau leher. Jika hal tersebut muncul, Anda juga disarankan untu langsung berkonsultasi ke dokter dan jangan malah melakukan cara yang tidak benar.
  • Tutup telinga di perjalanan udara
telinga pesawat terbang
Saat melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat, kadang telinga kita akan terasa sakit ketika mendengar deru mesin dan lainnya. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut, Anda sebaiknya menutup atau meniup telinga dengan cara yang lembut.
  • Bersihkan daun telinga dengan baby oil
  • Perawatan Rutin
Melakukan perawatan secara rutin dengan berkonsultasi ke dokter sangatlah dianjurkan. Melakukan konsultasi ke dokter THT akan sangat membantu menjaga kesehatan terutama telinga Anda. Selain itu, kita juga bisa mencegah timbulnya penyakit telinga yang tidak kita sadari.
  • Bersihkan lingkungan sekitar
cara mengecilkan perut buncit tidur
Memperhatikan kebersihan lingkungan terutama di saat malam hari ini akan sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan telinga Anda. Kebersihan tersebut terutama di area kamar tidur Anda seperti bantal, kasur, pakaian, dan lainnya.
Melakukan perhatian atau kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar juga merupakan salah satu cara merawat telinga dengan baik dan benar. Salah satu di antaranya adalah saat Anda berenang atau saat menggunakan headphone dan earphone.
Jangan sampai saat Anda berenang, air bisa masuk pada telinga Anda. Hal tersebut sangat berbahaya karena air yang ada di kolam renang pasti kotor dan bisa mengganggu kesehatan serta fungsi di dalam telinga.
Begitu juga dengan suara-suara keras dari headphone dan earphone, ini juga akan sangat mengganggu kesehatan dan pendengaran Anda. Maka dari itu, jangan memutar musik dengan kencang jika sedang menggunakan headphone. Pastikan juga Anda telah membersihkan headphone tersebut terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
Itulah beberapa tips dan cara merawat telinga Anda dengan baik dan benar. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda agar dapat selalu menjadi kesehatan telinga karena telinga merupakan salah satu organ vital di tubuh kita.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat ?? Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

 
Top